Akibat Pengaruh Teknologi, Ini Potensi Gangguan Psikologi yang Dapat Terjadi

Akibat Pengaruh Teknologi, Ini Potensi Gangguan Psikologi yang Dapat Terjadi

Perkembangan tenologi tidak lepas dari pesatnya media sosial yang ada saat ini. Ada banyak manfaat yag dapat dihasilkan dari perkembangaan teknologi. Antara lain memudahkan kita berkomunikasi, memajukan ekonomi secara global, interaksi sosial yang lebih mudah dan kemudahan lainnya. Namun perkembangan teknologi juga memiliki efek negatif jika pengguna tidak bijak dalam memanfaatkan kemudahan tersebut.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak memanfaatkan teknologi dan media sosial dapat memicu gangguan psikologis. Ini disebabkan karena pergaulan soosial mulai berubah, bahkan ada beberapa yang tidak dapat mengendalikan diri menggunakan teknologi.

Saat ini sudah banyak dilihat dampak buruk dari gangguan psikologis yang dialamai seseorang. Berikut ini beberapa gangguan psikologis yang dapat Anda temui.

Anti Sosial

Dalam dunia ilmu kejiwaan, anti sosial disebut dengan schizoid. Jika dikaitkan dengan pengaruh teknologi maupun media sosial maka ini merupakan gangguan kepribadian sesorang yang cenderung menutup diri terhadap orang lain. Jika seseorang mengalami hal tersebut maka media sosial dapat memperparah kondisi psikologisnya.

Anoreksia dan Bulimia Nervosa

Gangguan psikologis selanjutnya adalah gangguan dari perilaku makan. Anoreksia umumnya terobsesi bentuk tubuh terlalu kurus, sedangkan bulimia menginginkan tubuh yang normal. Mereka yang mengalami gangguan bulimia biasanya makan lebih sedikit. Timbulnya kedua gangguan tersebut akibat maraknya body shaming di media sosial. Seseoarang akan mudah sekali terpengaruh komentar yang ada.

Megalomania

Ini gangguan psikologis yang menyebabkan orang terobsesi terhadap diri sendiri. Penderita gangguan ini biasanya merasa menjadi orang yang hebat dan ingin sekali menjadi pusat perhatian. Ini merupakan manifestasi ekstrem dari sindrom narsisme karena penggunaaan media sosial yang berlebihan.

Nomophobia

Ini merupakan singkatan dari No Mobilephone Phobia yang artinya adalah kecenderungan seseorang yang akan merasa gelisah saat terpisah dari gadget miliknya. Bahaya dari gangguan psikologis ini adalah penderitanya akan menghabiskan banyak waktu untuk gadget mereka dibandingkan dengan lingungan sekitar.

Gaming Disorder

Gangguan ini membuat seseoarang lebih memprioritaskan bermain game dibandingkan aktifitas lainnya. Gangguan ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama dengan intensitas sering. Efek yang ditimbulkan dari Gaming Disorder adalah kesehatan fisik yang terganggu dan tidak ada interaksi sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *