Facebook Siapkan Program Kerjasama Dengan Komunitas di Indonesia

Facebook Siapkan Program Kerjasama Dengan Komunitas di Indonesia

Facebook menjadi salah satu sosial media populer di Indonesia. Perbulan Oktober 2018 saja menurut data yang dilansir oleh Facebook, pengguna Facebook asal Indonesia sudah mencapai 131 juta pengguna. Angka ini menempatkan Indonesia masuk urutan 5 negara dengan pengguna terbanyak di dunia.

Dengan peningkatan dan jumlah pengguna yang bisa dibilang sangat banyak, mau tidak mau Facebook harus benar-benar mampu ikukt aktif dalam berbagai aspek pengguna Facebook di Indonesia termasuk salah satunya adalah Komunitas.

Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati pun mengaku bahwa komunitas merupakan salah satu pilar penting bagi Facebook.

“Komunitas ini merupakan salah satu tiang yang paling penting untuk Facebook dan bagaimana kita bisa membantu dan membimbing komunitas-komunitas di platform kita itu merupakan suatu inisiatif atau suatu pilar besar yang kita fokuskan,” jelas Sri saat acara Looking Back at 2018 di kantor Facebook Indonesia dilansir dari de inet.detik.com.

Salah satu langkah pihak Facebook mengakomodir pengguna komunitas diantaranya pada tahun 2018 sudah menggelar program Facebook Community Leadership untuk membimbing pimpinan komunitas dan mengembangkan komunitas mereka.

Selain komunitas, Facebook juga meluncurkan berbagai inisiatif untuk mendukung bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah studi The Rising Wave yang meneliti melonjaknya kelas menengah di Indonesia, program #SheMeansBusiness untuk mendukung wirausaha perempuan, dan program Laju Digital untuk mendorong kemajuan UKM dan komunitas di era digital.

Selain itu, literasi digital juga merupakan salah satu yang menjadi fokus Facebook. Tahun ini mereka memperluas jangkauan program Think Before You Share (TYBS), yang di tahun ketiganya tidak hanya menyasar anak sekolah tapi juga guru dan orang tua murid.

Facebook memang menjadi bagian penting di tatanan sosial media di seluruh dunia terutama di Indonesia. berbagai kebijakan seharusnya memang mampu mengakomodir semua pengguna Facebook dalam domain penggunaan yang positif dan untuk kepentingan yang positif pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *