Hal Unik yang Dapat Dilakukan di Bali

Hal Unik yang Dapat Dilakukan di Bali

Selain memiliki banyak tempat menarik, Bali juga dikenal dengan keunikannya. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali untuk menikmati keunikan yang banyak ditemukan di Pulau Dewa tersebut, mulai dari festival, budaya, ritual keagamaan, dan sebagainya.

Keunikan pertama yang dapat Anda temui adalah menonton festival ciuman massal yang dilaksanakan di Banjar Kaja Sesatan, Denpasar. Tradisi yang sudah berlangsung sejak zaman dahulu ini lebih dikenal dengan nama omed-omedan. Waktunya dilangsungkan sehari setelah perayaan Nyepi oleh masyarakat di Denpasar.

Pasangan muda-mudi akan bergiliran untuk maju berciuman dan warga lain lain mencoba menarik dan medorong. Setelah itu ada tetua desa yang mengguyir air hingga basah kuyub. Festival ini dipercaya warga desa untuk menghindari wabah penyakit.

Yang kedua adalah Ritual Kesurupan Massal yang dilaksanakan di Pura Petilan Kesiman, Denpasar. Ritual ini dilaksanakan 8 hari setelah perayaan Kuningan. Ritual ini cukup unik karena selama prosesi banyak Penyungsung Pura yang mengalami kesurupan. Pada acara tersebut terdapat puluhan orang mengalami kesurupan dan berteriak histeris, menari serta menusukkan keris ka dada. Dan yang unik adalah mereka tidak terluka atau kesakitan sedikitpun.

Wisatawan juga dapat menyaksikan orang berkelahi menggunakan daun pandan berduri di Desa Tenganan. Acara ini diadakan setiap tahun sebagai wujud penghormatan kepada Dewa Indra, yakni Dewa Perang yang disegani. Layaknya perang pada umumnya, mereka juga menggunakan tameng yang terbuat dari anyaman bambu.

Jika Anda ingin suasana yang lebih ekstrim, Anda dapat mengunjungi Desa Trunyan, Kintamani. Di desa tersebut memiliki tradisi pemakaman yang unik, dimana mayat tidak dikubur atau dibakar, melainkan di letakkan begitu saja di atas tanah yang dikelilingi poho Taru Menyan. Mayat-mayat tersebut tidak busuk atau menimbulkan bau. Konon, bau harum dari pohon Taru Menyan yang dapat menetralisir bau dari mayat disana.

Itulah beberapa hal unik yang dapat Anda temukan saat mengunjungi Bali. Hampir setiap tempat di Bali memiliki tradisi unik yang dapat menarik banyak wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *